Blog

Perusahaan modern dan berkembang saat ini tidak hanya memperhatikan keuntungan secara finansial tapi juga pengembangan sumber daya manusia (SDM) mereka. Pihak perusahaan pun berusaha mencari karyawan terbaik yang bisa menguntungkan ke depannya.

 

 

Employee02Bahkan beberapa perusahaan memakai metode ’menjemput bola’ demi mendapatkan karyawan terbaik. Suatu perusahaan juga tidak segan-segan membajak karyawan kompetitornya kalau memang ia memiliki kualitas yang dapat menguntungkan baik secara finansial maupun branding. Ketika tiba-tiba Anda ditawari oleh perusahaan lain dengan gaji besar beserta keuntungan yang lebih banyak, itu tanda Anda sedang dibajak. Apa yang harus dilakukan saat menghadapi posisi tersebut? Sebelum memberikan keputusan, pertimbangkan dulu empat hal ini.

 1. Tidak Terbawa Perasaan

Sebaiknya memikirkan keputusan pindah kerja dengan matang. Hindari membuat keputusan hanya karena perasaan emosi tapi harus dengan kondisi yang tenang. ”Kadang kala di saat kita ada konflik, merasa jenuh, itu bisa membakar emosi kita sehingga saat ditawarkan untuk pindah kerja oleh perusahaan kompetitor langsung mengiyakannya,”

2. Pertimbangkan Keuntungan dan Kerugian

Juga sangat disarankan agar mempertimbangkan keuntungan serta kerugian bila Anda tertarik menerima tawaran dari perusahaan lain. Coba pikirkan kembali apa memang perusahaan saat ini masih belum sesuai dengan passion, pengembangan kariernya kurang baik, atau ilmu yang didapat juga standar saja? Jika perusahaan yang membajak Anda memiliki kredibilitas tinggi mungkin ini salah satu jalan untuk meningkatkan karier ke depannya. Akan tetapi, kalau perusahaan tempat Anda bekerja sudah nyaman dan semua yang dicari bisa terpenuhi, sebaiknya tidak perlu dipaksakan. Memaksakan diri karena tergiur akan gaji besar bisa mempengaruhi karier ke depannya. Belum tentu gaji besar dan banyaknya fasilitas lebih dapat ’memuaskan’ Anda ketika bekerja.

3. Pikirkan Masa Depan Karier

Pikirkan pula masa depan karier Anda. Misalnya saja Anda sudah ’kerasan’ di perusahaan saat ini dan lingkungan kerja juga nyaman. Sayangnya, kondisi perusahaan kurang baik hingga ada pengurangan pegawai. Tawaran itu bisa dipertimbangkan demi masa depan karier Anda. Jangan sampai karena terlalu nyaman dengan pekerjaan saat ini membuat karier tidak berkembang. ”Bagaimana nanti jangka panjangnya, loyalitas terhadap perusahaan, dan komitmen Anda,”

4. Pikirkan Kualitas Calon Perusahaan Baru

Anda disarankan agar memikirkan mengenai hal-hal yang terkait dengan perusahaan itu. Pikirkan mengenai lokasi, kenyamanannya, serta banyak mencari informasi mengenai kesejahteraan di perusahaan yang menawari gaji besar.

Posted by : Annur Diana, 18 Oktober 2015 00:59:42

Navigation Menu

Our Portfolio

OMEGA Recruitment Indonesia has served across all major industry sectors : Telecommunication, Construction, Chemical, Manufacture, Financial, Mining, Printing, Property, Hotel, Plantation, IT, Shipping, Trading, Education, etc. We have recruited professionals at the Management, Senior and Executive Levels in many disciplines and various position (CEO, CFO, Director, Country Manager, General Manager, Project Manager, Site Manager, QS Manager, Sales/Marketing Manager, IT Manager, Structural Engineer, Accounting/Finance Manager, Financial Controller, HR Manager, Secretary, etc.) for national and multinational companies.

Get In Touch

  • Jl. Gilimanuk Raya No. 56
    Daan Mogot Baru, Jakarta, 11840, Indonesia
  • +62-21-6194502
  • +62-21-5418166
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.